Resep Rolade Daging Sederhana

Resep rolade daging sederhana akhirnya kupilih sebagai postingan perdanaku untuk blog ini. Alhamdulilah, akhirnya terealisasi juga rencana untuk membuat blog khusus para pecinta makan yang suka kebingungan mau makan apa gitu ya hari ini? (penting banget, kan,  hihihi...).

Berhubung blog ini 'lahir' bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Jadi, postingan-postingan awal akan membahas seputar per-dagingan. Jangan bosan, ya. Untuk postingan pertama ini, aku ingin posting resep  dadakan yang kudapat dari browsing-browsing internet dan sedikit modifikasi berdasarkan bahan-bahan yang kebetulan ada di rumah aja. Berhubung gulai, soto, sate dan kawan- kawannya sudah terlalu mainstream, terpikirlah untuk membuat menu olahan daging yang bisa dinikmati juga oleh si anak bayi yang giginya baru 7 itu.
Rolade Daging Sederhana


Persiapan Bahan-Bahan

Bahan yang digunakan untuk resep rolade daging sederhana ini cukup gampang, yaitu:
1. Daging sapi giling, kurang lebih 250-300 gram (jumlahnya gak aku hitung dengan pasti. Daging ini kuambil dari bagian daging yang paling berserat dan mudah di potongnya. Diblender halus pake blender standar yang sebenernya bukan buat nyincang daging :p)
2. Roti tawar tanpa pinggiran, 3 lembar
3. Telur 2 butir
4. Bawang Putih 2 siung
5. Bumbu-bumbu: garam 1 sdt + gula 1 sdt + merica bubuk 1/2 sdt + susu bubuk 2 sdt (saya pake susu SGM nya si adik :p)

Persiapan Bahan

Cara Membuat

Membuat Isian daging:

1. Blender Roti Tawar dan 1 butir telur ditambah bawang putih sampai lembut.
2. Campur hasil blenderan dengan daging giling dan semua bumbu halus dalam satu wadah
3. Aduk sampai tercampur


Membuat Kulit Rolade: 

1. Goreng telur dengan cara didadar tipis-tipis (semakin tipis semakin bagus, yang saya bikin mah ketebelan :D)
2. Biarkan hingga dingin

Gulung adonan daging:

Untuk kulit yang dihasilkan dari 1 butir telur, ternyata hanya cukup untuk membungkus 1/2 adonan. Jadi setengahnya lagi saya bungkus pakai plastik tahan panas biasa. Lebih baik lagi kalau menggunakan alumunium foil.
Cara menggulungnya, adonan daging daging diletakkan dan dipenyet-penye diatas telur dadar, kemudian digulung perlahan


Mengukus Adonan

Adonan dikukus selama kurang lebih 20 menit.

Adonan gulung siap kukus



Potong Sesuai Selera

Setelah dingin, rolade dibiarkan dingin dan dipotong sesuai selera.

Rolade Daging Sederhana
Begitulah kira-kira resep rolade daging sederhana ala diriku. Kalau menurut Pak Suami, rasanya enak. Tapi kalau menurutku, entah rotinya berasa banget, mungkin kebanyakan kali ya. Lain kali sepertinya harus dicoba 2 lembar saja, atau dikombinasikan dengan tepung terigu.

Selain itu isiannya sebenernya bisa di variasikan dengan potongan wortel atau keju. Atau ditambah bumbu rempah-rempah lain semacam pala atau kayu manis supaya lebih wangi. Tapi lagi-lagi, aku cuma memanfaatkan apa yang ada di kulkas kemarin malam saja. Mungkin untuk yang hendak bereksperimen bisa dicoba kemungkinan-kemungkinan yang aku sebutkan tadi. Selamat mencoba, kawan- kawan!




2 komentar:

  1. Oh pinggirannya itu pake telur dadar ya. Nggak sulit juga ya bikin rollade gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, saya juga baru tau kalo ternyata gampang. hehe :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan apa saja untukku disini ^^

Diberdayakan oleh Blogger.