Resep Siomay Bandung Istimewa

resep siomay bandung

Resep Siomay Bandung yang akan aku share ini hasil dari beberapa percobaanku di rumah dan yang menurutku paling layak jual. Karena selain hasil dari coba-coba sendiri untuk beberapa kali, aku sempet kursus juga demi mencari resep siomay Bandung yang paling pas di lidahku. Niat banget kan, ya?

Jadi awalnya, sekitar 2 tahun yang lalu, ceritanya sih aku pengen jualan siomay, meneruskan cita-cita yang sempet tertunda gitu deh. Lah emang ada ya yang cita-citanya jadi tukang siomay??? Ada-adaaa.. itulah aku dulu, hihihi.. awalnya sih dari kesukaanku sama kuliner khas Bandung ini. Pokoknya sejak masih balita, kalau ada yang nanya apa makanan kesukaanku, pasti dengan yakin kujawab "Siomay!". Sampai tukang siomay langgananku di Bandung dulu hafal sama aku. Karena kayaknya cuma aku doang deh anak kecil yang kalau makan siomay nambah terus sampai bisa menghabiskan  10 biji (ketahuan deh kalo doyan makan dari kecil :P)

Itu salah satu alasannya. Salah duanya, seperti pernah kuceritakan di artikel Kuliner Khas Bandung yang Beda Rasa di Jakarta , disini aku sangat jarang menemukan siomay yang rasanya "Bandung" dan sesuai sama lidahku. Jadi awalnya kupikir ini peluang bisnis yang bagus. Walaupun dalam perjalanannya, karena satu dan lain hal, kuputuskan bahwa aku belum siap untuk memulai bisnis ini.

Jadi, daripada resepnya mubadzir, lebih baik ku-share saja. Siapa tahu ada diantara kamu yang berminat untuk mencoba peruntungan di bisnis siomay Bandung, dengan senang hati kupersilahkan menggunakannya. Atau siapa tahu suatu saat ketika kondisinya sudah memungkinkan aku kembali ingin mencoba bisnis ini, kan tinggal melihat ulang ke tulisan ini ;)

Resep Siomay Bandung

Bahan-Bahan

Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan pembuatnya. Untuk bahan siomay dan bumbu kacang bisa dilihat di bawah ini ya:

resep siomay bandung

Cara Membuat Siomay:

1. Bahan-bahan siomay semua digiling hingga lembut.
Kalau aku biar gampang sih numpang giling ke tukang giling bakso di pasar. Tapi kalau kamu punya chopper atau penggiling daging, bisa dicoba sendiri di rumah. Tapi menurutku sih agak sulit ya, terutama kalau mau menggiling kulit ayam. Karena teksturnya 'glenyer-glenyer' gitu, malah nyangkut di chopper-nya (apa tergantung kualitas chopper nya ya, kurang tahu juga)

2.  Tambahkan Bumbu Siomay.
 Setelah semua digiling lembut, tambahkan bumbu-bumbunya, sedikit demi sedikit supaya merata. Lalu giling lagi. Kalau kita gilingnya di pasar, sih, bisa lebih merata, ya.

Membentuk adonan siomay dalam pangsit
3. Bentuk adonan dengan kulit pangsit dan tahu. 
Kalau aku, selembar pangsit diisi adonan satu sendok makan. Maap ya ngadoninnya ga pake plastik, belum jago soalnya kalo pake plastik suka nempel-nempel. Tapi Insya Allah bersih, kok! Hihihi...

Untuk siomay, idealnya sih menggunakan kulit pangsit rebus, karena lebih tipis. Tapi agak susah mencarinya di pasar. Jadi aku tetap menggunakan kulit pangsit goreng yang biasanya dipakai untuk batagor.

Untuk tahu isi bisa disesuaikan aja dengan selera, mau bikin berapa banyak, gitu. Kalau aku kemarin cuma beli 10 buah tahu putih yang masing-masing dipotong dua.

Oya, ada bahan tambahan yang lupa diketik, yaitu parutan wortel. Fungsinya buat pemanis aja sih. DItambahkan diatas adonan siomay yang sudah dibentuk di pangsit.

4. Kukus Siomay dan Tahu. 
Sembari membentuk siomay (yang prosesnya agak memakan waktu, adonan yang udah terbentuk bisa langsung dikukus. Lama mengukusnya sekitar 10-15 menit.


Cara Membuat Bumbu Kacang:

1. Goreng kacang tanah dan minyak sampai matang. Blender halus dan sisihkan. Kalau kesulitan, ketika diblender boleh ditambahkan minyak sisa menggoreng secukupnya.

2. Goreng bawang putih dan cabe merah keriting. Gunakan minyak sisa menggoreng kacang. Blender/ulek bersama bawang goreng. Sisihkan.

 Oya, sebenarnya jumlah cabai-nya sesuaikan dengen selera ya. Porsi segini buatku cukup pas, tapi agak sedikit terlalu pedas kalau buat anak-anak.

3. Rebus air, masukan gula merah dan asam jawa. Setelah larut, masukan bumbu halus dan kacang yang tadi sudah diblender. Aduk rata hingga mulai mengental.

4. Setelah mengental, tambahkan bumbu pelengkap. Rebus lagi hingga mengental dan keluar minyak (kurang lebih 1/2 jam) 

5. Bumbu kacang siap digunakan.


Untuk penyajian, paling enak ditambahkan kecap manis dan jeruk peras. Karena bumbunya sudah agak pedas, jadi tidak perlu ditambahin cabai lagi. Resep diatas menghasilkan sekitar 120 pcs siomay dan 20 pcs tahu.

Nah, itulah resep siomay Bandung istimewa ala dapurku. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar, ya!




4 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan apa saja untukku disini ^^

Diberdayakan oleh Blogger.